LAUNCHING e-MONEV PPOP KABUPATEN PATI

Kamis, 11 Apr 2019 | 10:19:15 WIB - Oleh Admin


Dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi, Selasa, 09/04/19 dilaksanakan Launching dan MoU pemanfaatan eMonev Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Prestasi di Kabupaten Pati. Acara yang digelar pada 09/04/19 ini mengambil tempat di Aula KONI Kabupaten Pati.
Hadir Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati Sigit Hartoko, SH, Ketua KONI Eddy Boentoro beserta pengurus dan Ketua beserta pengurus semua Cabang Olahraga yang ada di Kabupaten Pati.

Dalam launching ini disampaikan oleh Kepala Dinporapar Kabupaten Pati bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi harus dilaksanakan dengan sistematis mulai dari usia dini dengan ditambahkan sentuhan teknologi sebagai support peningkatan performa / kinerja penggiat dan stake holder olahraga. Emonev ini dapat dijadikan alat pemantau perkembangan cabang olahraga dalam melaksanakan aktivitasnya dalam melakukan pembinaan terhadap atlet, wasit, pelatih maupun tenaga teknis olahraga.

Ketua KONI Kabupaten Pati Eddy Boentoro menyampaikan hal serupa. Bahwa dalam pembinaan olahraga perlu dilakukan dengan sistematis dan berkesinambungan sehingga dibutuhkan media teknologi untuk saling asah, asih dan asuh agar pembinaan tidak berhenti berjalan yang mengakibatkan prestasi akan stagnan cenderung menurun.

“Hal tersebut diperlukan untuk menyongsong Pati Raya sebagai calon Tuan Rumah PORPROV 2022, sehingga diharapkan apabila nantinya Pati Raya ditunjuk sebagai tuan rumah, maka Kabupaten Pati siap mensukseskan kegiatan sekaligus sukses prestasi dan setidaknya dapat memperbaiki peringkat yang pada PORPROV kemarin ada di Peringkat ke 7,” kata Eddy Boentoro

Setelah dilaunching sebagai inisiator dari Inovasi Perubahan ini Edy Siswanto, SH selaku Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi Dinporapar Kabupaten Pati menyampaikan penjabaran tentang Aplikasi eMonev Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Prestasi.

“Banyaknya kegiatan yang harus di monitor perkembangannya menjadikan suatu beban yang berat apabila tidak dilakukan dengan metode yang tepat dan efisien. Data – data yang diperoleh juga akan menjadi tidak lengkap karena dimungkinkan akan terlewat dalam pantauan, sehingga pengambilan kebijakan akan dilakukan dengan dasar yang seperti tahun sebelumnya,” kata Edy Siswanto.

Manfaat aplikasi ini, lanjut Edy, adalah terkumpulnya data pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi secara elektronik sebagai bukti digital monitoring dan evaluasi pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.
“Nantinya sebagai bahan pengambilan kebijakan pembangunan olahraga prestasi di Kabupaten Pati serta mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi . Termasuk memberikan masukan dalam Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Prestasi di Kabupaten Pati,” pungkasnya.

Aplikasi ini telah tersedia di Playstore dengan nama aplikasi olahragapati dengan developer dari Dinporapar Kabupaten Pati, yang nantinya ke depan diharapkan dapat terus berkembang agar mudah di akses, cepat dan nyaman dalam penggunaannya.

Bersamaan dengan Launching eMonev juga dilakukan sosialisasi untuk penyusunan Grand Design Pembinaan Olahraga Prestasi oleh Kardi selaku Kepala Bidang Keolahragaan yang merupakan amanat dari Perda Kabupaten Pati No. 2 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. Dengan adanya Grand Design ini diharapkan pembinaan olahraga di Kabupaten Pati dapat dilaksanakan dengan sistematis, terarah, berkesinambungan dan up to date terhadap perkembangan IPTEK Olahraga.